Indahnya Pantai Menganti, Surga Tersembunyi di Kebumen

Destinasi Wisata Pantai Menganti Kebumen 

Pantai di pesisir selatan Jawa ini memang selalu ramai untuk bahan perbincangan terutama bagi para pecinta traveling yang pastinya tidak melupakan pantai ini sebagai salah satu tujuan wisatanya. Banyak yang menyebut pantai ini sebagai New Zealand nya Indonesia, kalau dipikir-pikir memang ada benarnya juga dimana pantai ini memang menyimpan banyak keindahan-keindahan bagi para pengunjungnya. 

foto bukit pantai menganti kebumen

Pantai Menganti Kebumen juga disebut-sebut sebagai pantai terindah di Jawa Tengah karena memang banyak keunikan dari pantai ini yang tidak ditemukan di pantai lain. Maka tidak heran jika Pantai Menganti sebagai surganya pantai di laut selatan Kebumen. Bagi kalian yang udah pernah berkunjung kesini dan mejelajahi seluruh bagian dari tempat wisata ini pastinya kalian akan mengatakan hal yang sama namun bagi kalian yang belum pernah main kesini, segera datang dan manjakan diri kalian dengan indahnya alam di Pantai Menganti. 

Lokasi Pantai Menganti 

Alamat Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.  Lokasi Pantai Menganti ini berjarak sekitar 35 Km dari Kota Gombong dan jika dari Kota Kebumen berjarak kurang lebih 42 Km. Asal usul tentang Pantai Menganti ada cerita mitos yang beredar di masyarakat namun terlepas dari itu yang jelas Pantai Menganti adalah sebuah karunia keindahan ciptaan Tuhan yang harus disyukuri, dijaga, dan dilestarikan bersama. 

Keindahan Alam Pantai Menganti 

Banyak spot yang bisa dinikmati jika berkunjung ke wisata Pantai Menganti Kebumen yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai terkenal di Indonesia. Pantai Menganti memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pasir putih yang ada membuat para pengunjung betah untuk berada di pantai ini. Panorama perbukitan dan tebing karst yang alami juga sangat memanjakan mata siapapun yang berkunjung kesana.  Belum lagi suasana yang sangat khas dari tempat ini yaitu berupa perahu-perahu nelayan yang berjajar di pinggir pantai dan banyaknya batu karang besar yang dapat dimanfaatkan untuk duduk bersantai ria sambil menatap indahnya laut selatan.  

Belum berhenti disitu saja, jika kalian mau menikmati pemandangan yang lebih eksotis lagi kalian bisa naik ke atas bukit. Kalian akan disuguhi dengan menara mercusuar dan Tanjung Karang Bata yang tidak boleh kalian lewatkan jika main ke Pantai Menganti. Suasana yang indah di Tanjung Karang Bata, akan kalian nikmati dengan pemandangan yang sangat menawan dimana kalian bisa menikmati birunya Samudera Hindia dari ketinggian atas bukit yang pastinya tidak akan mengecewakan. Disana juga disediakan gubuk-gubuk kecil untuk bersantai sambil melepas pandangan ke arah Samudra Hindia. Sekilas gubuk-gubuk ini mirip dengan  Rumah Honai di Papua yang tentunya semakin memanjakan pengunjung pantai ini.  

pemandangan bukit tanjung karangbata pantai menganti kebumen

Deburan ombak dari Pantai Menganti juga bisa digunakan untuk bermain surfing. Jika kalian berkunjung saat musim penghujan tiba, maka akan ditemui tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi dengan air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter. Selain itu perbukitan yang ada disekitar pantai juga akan menghijau dan tentunya menambah keindahan pantai disaat musim penghujan. 

Fasilitas di Pantai Menganti Kebumen 

Pantai ini dibuka untuk umum sekitar tahun 2011 lalu dan fasilitas di pantai ini cukup memadahi. Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Menganti Kebumen seperti warung makan, tempat parkir, home stay, villa, mushola, MCK, Tempat Pemancingan Ikan (TPI).  Jika momennya tepat kalian bisa beli ikan segar hasil tangkapan ikan nelayan di TPI tentunya dengan harga yang lebih murah dari pasaran. 

Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen 

Harga tiket masuk ke Pantai Menganti hanya dikenakan biaya Rp 5000,- dan ditambah biaya parkir hanya Rp 2000,- saja sudah bisa menikmati indahnya Pantai Menganti Kebumen ini. Tentunya irit di kantong dan sangat terjangkau jika dibandingkan keindahan alam yang ditawarkan disana.
   

Akses Jalan Menuju Pantai Menganti

Jika kalian hendak menuju ke Pantai Menganti sebaiknya pakailah kendaraan pribadi, hingga kini belum ada transportasi umum yang bisa menggapai sampai kesana ya memang karena lokasi pantai ini berada di balik perbukitan. Akses jalan menuju ke lokasi Pantai Menganti juga cukup curam dan berkelok. Pastikan kondisi kendaraan kalian dalam kondisi yang betul-betul prima karena akan melewati jalan perbukitan yang menanjak dan terjal.  Jalan yang dilewati tidak begitu luas sehingga jika kalian berlibur kesana di saat musim ramai seperti lebaran disarankan untuk memakai kendaraan roda dua (Sebaiknya jangan matik) untuk menghindari kemacetan.  

Rute Jalan Pantai Menganti

Cara menuju ke Pantai Menganti Kebumen ada beberapa rute, yang paling umum rute jalan menuju lokasi Pantai Menganti jika kalian dari arah barat seperti Purwokerto yaitu kalian bisa masuk ke arah selatan (Belok kanan) dari jalan profinsi di daerah Gombong ada petunjuk gerbang menuju ke Goa Jatijajar ikuti saja hingga sampai di pertigaan goa jatijajar maka ambil jalan lurus ke arah pantai Ayah atau Pantai Logending  hingga sampai di Pantai Logending terus lurus ke selatan naik bukit kurang lebih dari Pantai Ayah atau Logending kurang lebih 4 KM dan mungkin membutuhkan sekitar 20 menit dan harus ekstra hati - hati karena jalanan naik turun dan berkelok. Ikuti jalan hingga sampai di pertigaan Desa Karangduwur dan disana ada petunjuk jalan menuju ke pantai, ambil kanan dan ikuti saja jalan itu sampai tiba di Pantai Menganti.  

pemandangan mercusuar pantai menganti kebumen

Jika kalian dari jalur timur, dari arah Kota Kebumen maka bisa lewat jalan ke arah Pantai Petanahan lalu terus ke arah barat sampai pantai suwuk, terus lanjut ke barat sampai pertigaan. Lurus terus hingga melewati Pantai Pasir dan setelah itu melewati tanjakan ekstrim yang panjang. Jika kalian sampai di pertigaan Desa Karang Duwur maka ambil kiri, lihatlah papan nama petunjuk menuju ke arah Pantai Menganti Kebumen terus ikuti saja hingga sampai di lokasi. Sepanjang rute perjalanan kalian bisa menikmati pemandangan alam yang sangat asri dan bisa mampir ke beberapa pantai yang dilaluinya. 

Rute jalan untuk berwisata ke Pantai Menganti bagi kalian yang menggunakan alat transportasi umum dengan bus atau kereta api maka kalian bisa berhenti di Stasiun Gombong atau Terminal Gombong. Sesampainya disana kalian bisa minta tolong untuk diantarkan menggunakan alat transportasi yang tersedia seperti ojek atau yang lainnya atau bertanya pada warga setempat. Bisa juga mencari petunjuk rute jalur yang tepat dengan menggunakan google maps untuk menuju ke arah pantai menganti. 

Jika ingin leluasa lagi kalian bisa menyewa kendaraan sendiri seperti mobil pribadi atau kendaraan lainnya agar jauh lebih puas dalam mengeksplore wisata di Kebumen. Harga sewa mobil menuju Pantai Menganti Kebumen seperti mobil avansa misalnya kurang lebih 300 ribuan selama sehari semalam, kalian bisa muter-muter bareng temanmu ke pantai yang ada di sekitarnya seperti Pantai Logending, Pantai Pasir, Goa Petruk, Goa Barat, ataupun Goa Jatijajar.  

Hotel Tempat Penginapan Pantai Menganti Kebumen

Ada beberapa penginapan di sekitar area wisata Pantai Menganti namun memang sangat terbatas jumlahnya. Bagi kalian yang berasal dari luar kota bisa mencari penginapan atau hotel yang ada diluar tempat area pantai. Sejauh ini memang belum ada hotel yang berada di dekat pantai sehingga kalian harus mencarinya di sekitar kota. Penginapan atau hotel terdekat dari Pantai Menganti yang bisa kalian cari adalah disekitar Kota Gombong, Karanganyar, atau Kebumen. Biaya untuk harga penginapan hotel juga lebih terjangkau karena kebanyakan hotel di Kebumen belum berbintang namun tetap nyaman untuk tempat penginapan dan beristirahat.   

Foto Pantai Menganti Kebumen

bukit tanjung karangbata pantai menganti kebumen
Bukit Tanjung Karangbata Menganti Kebumen
pemandangan mercusuar di pantai menganti kebumen
Mercusuar di Pantai Menganti Kebumen
pasir putih pantai menganti kebumen
Pasir Putih Pantai Menganti Kebumen

Video Pantai Menganti Kebumen 



Gimana, tertarik apa tertarik banget berwisata ke Pantai Menganti di Kebumen?? Langsung saja tentukan tanggalnya dan ajak temanmu untuk menelusuri bareng indahnya pantai dan perbukitan di wisata pantai pesisir selatan ini. Semoga informasi yang disajikan ini bermanfaat ya, silahkan share biar yang lain tahu dan makin gede manfaatnya. 

Latest
First
Click here for Comments

0 comments:

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tuliskan komentar kalian dengan bijak dan NO nyepam :)